• PT Liftco Indo Perkasa

    PT Liftco Indo Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang Material Handling Equipment yang melayani Sales, Service, Spare-part, Trade-in, Rental alat-alat berat (alat-alat angkat untuk kebutuhan Industri). Kami juga menerima Trade-In dalam kondisi apapun, dan Rental alat-alat angkat untuk kebutuhan Industri.

  • General Catalogue

    Kami Menjual dan Menyewakan: Forklift Diesel (HELI), Forklift Gasoline (HELI), Forklift Battery (HELI), Scissor Lift (MANTALL), Reach Truck (HELI), Boom Lift (MANTALL), Wheel Loader (KH), Reach Stacker (HELI), Container Handler (HELI), Mast Climbing Work Platform (MANTALL), Towing Tractor (HELI), Hand Pallet (HELI), Loading Dock, Pallet Mover / Hand Pallet Electric (HELI), Stacker (HELI), Drum Handler (HELI), Drum Porter (HELI), Keranjang Barang, Charger Battery Forklift.

  • Mengenal Bagian Dari Forklift

    Perawatan forklift tidak hanya sebatas pada pergantian spare-part forklift yang telah rusak namun termasuk cara pakai forklift itu sendiri. Untuk lebih mengenal pemakaian sebuah forklift, berikut ini beberapa bagian dari forklift yang harus anda ketahui.

  • Keselamatan Kerja Menggunakan Forklift

    Untuk menjaga keawetan sebuah forklift dibutuhkan perawatan tersendiri. Pergantian spare-part forklift pada bagian-bagian yang rusak menjadi keharusan guna memperpanjang usia forklift dan juga agar tidak berimbas pada keselamatan orang-orang yang selalu mengoperasikan forklift tersebut.

  • Pengertian, Komponen, Cara Kerja dan Konstruksi Wheel Loader

    Wheel loader adalah alat yang digunakan untuk mengangkat material yang akan dimuat kedalam dumptruck atau memindahkan material ke tempat lain. Saat loader menggali, bucket didorongkan pada material, jika bucket telah penuh maka traktor mundur dan bucket diangkat ke atas untuk selanjutnya dipindahkan.

KONFIRMASI HARGA, HUBUNGI FRIDOLIN: 0813-2179-5611 // 0878-8000-8520 // READY FORKLIFT 10 TON - 5 TON ## READY STOCK ! ! ! FORKLIFT 3 TON *|* 5 TON *|* 10 TON *//* WHEEL LOADER READY STOCK 1.8 KUBIK *//* FORKLIFT LITHIUM BATTERY (READY STOCK!) *//* SCISSOR LIFT 12 METER - 14 METER - 16 METER (READY!) *//* BEST PRICE ? ? ? CALL ME ! ! ! READY STOCK!!! WHEEL LOADER 1.8 KUBIK *//* JANGAN SAMPAI KETINGGALAN!!! SIAPA CEPAT, DIA DAPAT!!!

Sunday, May 15, 2022

Pengertian, Komponen, Cara Kerja dan Konstruksi Wheel Loader



Pengertian Wheel Loader

Wheel loader adalah suatu alat yang mirip dengan shovel dozer, tetapi beroda karet (ban) sehingga baik kemampuan maupun kegunaannya sedikit berbeda yaitu pada kemampuan beroperasi di daerah yang keras dan rata, kering tidak licin karena traksi daerah basah akan rendah, tetapi tidak mampu mengambil tanah sendiri tanpa dibantu dozing/stock pilling terlebih dahulu dengan bulldozer.
Wheel loader adalah alat yang digunakan untuk mengangkat material yang akan dimuat kedalam dumptruck atau memindahkan material ke tempat lain. Saat loader menggali, bucket didorongkan pada material, jika bucket telah penuh maka traktor mundur dan bucket diangkat ke atas untuk selanjutnya dipindahkan.


Pada dasarnya wheel loader memiliki kegunaan-kegunaan sebagai berikut:
  •  Pembersihan lapangan atau lokasi pekerjaan (land clearing).
  • Penggusuran tanah dalam jarak dekat.
  • Meratakan timbunan tanah dan mengisi kembali galian-galian tanah.
  • Menyiapkan bahan-bahan dari tempat pengambilan material.
  • Mengupas tanah bagian yang jelek (stripping)
  • Meratakan permukaan atau menghaluskan permukaan bidang rata disebut finishing.

Komponen utama pada wheel loader yaitu:
  • Cab
Cab adalah bagian dari wheel loader dari mana operator menjalankan mesin. Ini biasanya memiliki pintu, duduk, dan mengendalikan loader. Ini biasanya terlihat seperti sebuah bilik kaca dipasang di tengah loader dan mungkin tidak tertutup.
  • Lift Arm
Lift Arm terpasang di depan loader, di depan taksi. Inilah yang berguna untuk mengangkat ember depan atas dan bawah. Ia bekerja dalam hubungannya dengan silinder ember, perangkat hidrolik yang memotivasi lengan.
  • Bucket
Bucket adalah bagian yang paling nyata dari sebuah wheel loader. Berbentuk sekop besar. Sering kali, satu mesin memiliki beberapa jenis ember yang dapat dilampirkan sebagai mereka dibutuhkan. Misalnya, beberapa wheel loader datang dengan tujuan umum ember, satu ember untuk membawa batu, satu untuk untuk membawa batubara dan lainnya untuk penanganan lebih mudah memuat bahan seperti kotoran.

  • dan bagian lainnya dapat dilihat di Gambar

Cara kerja dari Wheel Loader


Cara kerja Wheel loader ini sama seperti halnya alat berat pada umumnya, dimana alat penggerak utamanya mengguanakan sistem hidrolik. Karena tenaga hidrolik mempunyai daya atau tenaga yang sangat besar, sehingga bisa memungkinkan untuk mengeruk, mengangkut material atau benda yang berukuran besar.


Untuk pengoperasian bucket dipakai “kendali hidrolis” (hydraulic controlled), sedangkan kendali kabel (cabel controlled) sudah jarang digunakan pada excavator-loader. Penggunaan loader biasanya adalah untuk memuat material dan membawa, serta membongkar. Jika daerah sekitar material yang dikerjakan datar, maka loader dapat bergerak dengan leluasa dalam posisi yang menyenangkan.

Wheel loader yang bekerja dengan gerakan dasar pada bucket dan cara membawa muatan untuk dimuatkan ke alat angkut atau alat yang lain. Gerakan bucket yang penting ialah menurunkan bucket diatas permukaan tanah, mendorong ke depan (memuat/menggusur), mengangkat bucket, membawa dan membuang muatan. Apabila harus dimuatkan ke lat angkut, misalnya truk, ada beberapa cara pemuatan yaitu :
  • V – Loading
  • L – Loading
  • Cross Loading
  • Overhead Loading
Konstruksi Wheel Loader


Wheel loader selalu terpasang bucket container yang dipasang dibagian depan. Bucket digunakan untuk menggali, memuat tanah atau material yang granular, mengangkatnya dan diangkat untuk kemudian dibuang (dumping) pada suatu ketinggian pada dump truck dan sebagainya. Loader ini sangat kaku, untuk menggerakkan bucket dapat digunakan cable atau hydraulic. Tenaga gali pada keadaan horizontal (bucket tidak diangkat) didapat dari gerakan prime-mover nya, sehingga praktis baik kendali cabel maupun hydraulic hanya mempunyai fungsi untuk menggerakkan bucket ke atas dan ke bawah.
Untuk menggali, bucket harus didorong pada material, jika telah penuh, traktor mundur dan bucket diangkat ke atas untuk selanjutnya material dibongkar di tempat yang telah ditentukan. Untuk saat ini, umumnya loader dibuat dengan kendali hydraulic yang dilengkapi dengan “tangan-tangan (arms)” yang kaku untuk mengoperasikan bucketnya.

Ukuran bucket bervariasi antara ¼ cuyd sampai dengan 25 cuyd kapasitas muncung terbesar. Yang biasa dipakai dan tersedia banyak adalah loader dengan ukuran bucket sampai dengan 5 cuyd. Loader bucket sifatnya lebih permanen dipasang pada traktor dibandingkan dengan blade bulldozer dengan memperhatikan perbandingan proporsional ukuran bucket dengan traktor, sehingga pada waktu loader bekerja dengan bucket penuh pada keadaan ekstrim tidak sampai terguling ke depan (terjungkal).

Produsen alat berat biasanya memberikan angka keamanan 2 untuk mengimbangi “terjungkalnya” loader ke depan, artinya perbandingan berat imbang dengan berat bucket pada waktu penuh dalam keadaan ekstrim adalah dua kali. Untuk memperbesar angka keamaan terhadap bahaya guling, berat traktor biasanya diperbesar 40 @ 60% lebih besar dari “kapasitas muatan terguling (tipping load capacity)”, dengan demikian ukuran bucket dan traktor harus betul-betul proporsional.

Pada Umumnya Wheel Loader ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya, diantara lain sebagai berikut :
Kelebihan Wheel Loader
  • Mobilitas yang tinggi
  • Manuver daerah pemuatan loading point lebih sempit dibanding dengan track shovel dan,
  • Kerusakan permukaan loading point lebih kecil karena menggunakan ban karet.
Kekurangan Wheel Loader
  • Dalam menempatkan muatan ke dalam dump truck kurang merata bahkan kadang-kadang bisa miring, walaupun faktor ini sangat dipengaruhi oleh skill operator.
Pengaplikasian Wheel Loader dalam kehidupan sehari-hari
Penggunaan Wheel loader yang lain adalah untuk menggali pondasi basement, dengan syarat ruangnya memungkinkan untuk bekerjanya loader tersebut. Disamping itu dapat juga digunakan untuk memuat material yang telah ditiadakan, misalnya pada pembuatan terowongan, pada daerah pengambilan batu (quarrying). Wheel loader juga dapat digunakan untuk menggali butiran-butiran lepas bebatuan untuk dibongkar ke dalam“grizly hopper” pada crusher plant. (PT Liftco Indo Perkasa)

1 comment:

  1. ulasan ini lengkap ,mnungkin tinggal biaya produktifitas nya saja.

    ReplyDelete