• PT Liftco Indo Perkasa

    PT Liftco Indo Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang Material Handling Equipment yang melayani Sales, Service, Spare-part, Trade-in, Rental alat-alat berat (alat-alat angkat untuk kebutuhan Industri). Kami juga menerima Trade-In dalam kondisi apapun, dan Rental alat-alat angkat untuk kebutuhan Industri.

  • General Catalogue

    Kami Menjual dan Menyewakan: Forklift Diesel (HELI), Forklift Gasoline (HELI), Forklift Battery (HELI), Scissor Lift (MANTALL), Reach Truck (HELI), Boom Lift (MANTALL), Wheel Loader (KH), Reach Stacker (HELI), Container Handler (HELI), Mast Climbing Work Platform (MANTALL), Towing Tractor (HELI), Hand Pallet (HELI), Loading Dock, Pallet Mover / Hand Pallet Electric (HELI), Stacker (HELI), Drum Handler (HELI), Drum Porter (HELI), Keranjang Barang, Charger Battery Forklift.

  • Mengenal Bagian Dari Forklift

    Perawatan forklift tidak hanya sebatas pada pergantian spare-part forklift yang telah rusak namun termasuk cara pakai forklift itu sendiri. Untuk lebih mengenal pemakaian sebuah forklift, berikut ini beberapa bagian dari forklift yang harus anda ketahui.

  • Keselamatan Kerja Menggunakan Forklift

    Untuk menjaga keawetan sebuah forklift dibutuhkan perawatan tersendiri. Pergantian spare-part forklift pada bagian-bagian yang rusak menjadi keharusan guna memperpanjang usia forklift dan juga agar tidak berimbas pada keselamatan orang-orang yang selalu mengoperasikan forklift tersebut.

  • Pengertian, Komponen, Cara Kerja dan Konstruksi Wheel Loader

    Wheel loader adalah alat yang digunakan untuk mengangkat material yang akan dimuat kedalam dumptruck atau memindahkan material ke tempat lain. Saat loader menggali, bucket didorongkan pada material, jika bucket telah penuh maka traktor mundur dan bucket diangkat ke atas untuk selanjutnya dipindahkan.

KONFIRMASI HARGA, HUBUNGI FRIDOLIN: 0813-2179-5611 // 0878-8000-8520 // READY FORKLIFT 10 TON - 5 TON ## READY STOCK ! ! ! FORKLIFT 3 TON *|* 5 TON *|* 10 TON *//* WHEEL LOADER READY STOCK 1.8 KUBIK *//* FORKLIFT LITHIUM BATTERY (READY STOCK!) *//* SCISSOR LIFT 12 METER - 14 METER - 16 METER (READY!) *//* BEST PRICE ? ? ? CALL ME ! ! ! READY STOCK!!! WHEEL LOADER 1.8 KUBIK *//* JANGAN SAMPAI KETINGGALAN!!! SIAPA CEPAT, DIA DAPAT!!!

Friday, May 13, 2022

Keselamatan Kerja Menggunakan Forklift



1. Aktivitas pengangkatan dengan menggunakan Forklift harus dilakukan oleh personil yang kompeten (Certificate).
Artinya jika seseorang yang tidak mempunyai SIO (Surat Ijin Operator) walapun Pekerja tersebut mempunyai keahlian dalam menggunakan Forklift  tetap saja Pekerja telah melanggar ketentuan yang berlaku yaitu pengguna Forklift diwajibkan mempunyai SIO, karena untuk mendapatkan SIO tersebut bekerja harus mengerti dasar – dasar Keselamatan Kerja pada Forklift.

2. Jika tidak dioperasikan dengan benar, forklift dapat berbahaya terkait dengan beban yang tidak lazim atau melebihi kapasitas beban.
Beban berlebih adalah salah satu Faktor terjadinnya Kecelakaan Kerja pada Forklift maka pengoperasiannya harus dengan benar sesuai kapasitas Forklift itu sendiri karena Forklift  yaitu alat angkut Khusus yang digunakan oleh Pekerja yang sudah pernah mengikuti Pelatihan Operasional Forklift.

3. Siapapun yang menggunakan forklift harus mendapatkan pelatihan.
Pelatihan atau Training sangatlah penting bagi setiap Pekerja yang menggunakan Forklift karena didalam pelatihan akan ada instruksi untuk mematuhi peraturan-peraturan penggunaan forklift mengenai dasar-dasar keselamatan kerja.

4. Pelatihan harus mencakup peraturan umum operasi forklift, batas beban, posisi angkat yang benar dan tepat dan juga inspeksi rutin.
Dalam Pelatihan yang juga dilaksanakan di PJK3 ini sudah jelas akan mencangkup semua elemen – elemen Peraturan Umum Operasional Forkilft, seperti dalam Batas Beban, Posisi Angkat yang Benar, dan Peraturan dalam mengatur Inspeksi rutin. Pelatihan ini adalah faktor utama bagi Operator forklift untuk menjadikan panduan dalam menggunakan dan memperhatikan Keselamatan Kerja pada forklift.

5. Batas beban maksimal tidak boleh dilampaui.
Batas Beban Maksimal suatu Faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya Kecelakaan Kerja,karena kelebihan kapasitas berat beban maskimal akan berakibat fatal pada pengendara itu seniri dan untuk asset Perusahaan juga seperti Foklift yang rusak atau Hasil produksi yang diangkut itu Jatuh akan mempengaruhi Kinerja bagi Perusahaan, maka dengan mengikuti pelatihan Forklift para pengguna akan mengerti kapasitas yang disarankan untuk tidak melebihi Berat beban yang ditetapkan.

6. Posisi barang yang diangkut harus stabil dan tidak boleh menghalangi pandangan operator Forklift.
Pengangkutan menggukan forklift tidak boleh menghalangi pandangan pengendara sendiri  Karena jika pandangan sulit  pengendara tidak akan mengetahui apa yang ada didepan yang dilalui Foklift. Ini salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja yang sering kali terjadi karena kecerobohan dalam menggunakan  forklift.



7. Pengangkutan drum bahan berbahaya dan beracun (B3) harus ekstra hati-hati, tidak boleh terjadi benturan selama pengangkatan, pengangkutan maupun penurunannya.
Pengangkutan Bahan Berbahaya harus Ekstra Hati-hati membawanya pun harus pelan, tidak boleh terlalu banyak mengangkut,dan juga tidak boleh melampaui batas beban yang ditentukan akan berakibat fatal jika bahan berbahaya tersebut tumpah atau terjatuh pada saaat pengakutan maupun penurunannya.

8. Lakukan rutin inspeksi terhadap peralatan dan perlengkapan sebelum pengoperasian Forklift dilaksanakan.
Perawatan penting sekali untuk menunjang performa forklift agar tetap bisa dioperasikan dengan maksimal lakukanlah secara berkala dan terjadwal agar selalu terkontrol jika terjadi kerusakan secara mendadak, ini juga termasuk pencegahan untuk menghindari terjadinnya kecelakaan Kerja dalam pengoperasian Forklift.

9. Inspeksi tahunan oleh inspector forklift juga harus dilakukan.
Inspeksi dan Inspektor juga harus ada untuk menunjang masa berlaku mesin dan masa berlaku service Forklift karena masa berlaku ini diatur dalam peraturan undang – undang forklift, Inspektor bertugas untuk mengecek secara keseluruhan dari performa sebagai pihak ke 3 yang akan menilai lamanya waktu pengoperasian forklift.

10. Personil yang bertanggung jawab terhadap forklift harus mendapatkan tambahan pelatihan untuk pemeliharaan dan perbaikan.
Operator forklift Pekerja yang paling utama yang sangat mengerti tentang penggunaan dan kerusakan yang terjadi apabila terjadi kerusakan pada forklift setidaknya jika Operator forklift mengerti  pemeliharaan dan perbaikan akan meminimalisir untuk kerusakan pada forklift.

No comments:

Post a Comment